25 Februari 2009

Perencanaan Pembangunan Desa lewat Musrenbangcam

Setiap pembangunan di pelosok desa, tidak lepas dari sebuah perencanaan yang melibatkan semua unsur. Mekanisme perencanaan pembangunan desa yang menggunakan anggaran pemerintah, baik Alokasi Dana Desa, PNPM, maupun APBD, keseluruhannya melalui mekanisme perencanaan dari bawah sampai atas yakni dari tingkat dusun, desa, kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan nasional.

Musrenbangdes merupakan musyawarah internal tingkat desa yang dihadiri oleh para petinggi pemerintahan desa dan tokoh masyarakat guna membahas berbagai persoalan mendesak yang harus dikerjakan.

Tidak hanya permasalahan pembangunan fisik berupa bangunan atau jalan dan jembatan saja, melainkan berbagai kebutuhan yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti pendidikan, kesehatan, ketrampilan dan peningkatan perekonomian masyarakat desa maupun upaya pemberdayaan masyarakat itu sendiri.

Namun di akhir tahun kelima dari RPJMD 2005-2010 ini, semua prioirtas pembangunan difokuskan pada pengentasan kemiskinan di segala bidang. Karenanya pada hari ini, rabu,25 Pebruari 2009, Kecamatan kertek melakukan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan yang dihadiri semua elemen desa (6 orang per desa wakil tokoh masyarakat ), para anggota DPRD asal DP 2 Kertek dan Dinas Instansi terkait.

Semua usulan pembangunan di masing-masing desa dikelompokkan sesuai bidangnya dan dibahas secara musyawarah untuk menentukan skala prioritasnya. Hasil musrenbangcam ini nantinya dibawa ke forum Musrenbangkab pada awal maret ini. Semoga hasil musrenbangcam ini membawa aspirasi masyarakat kecamatan dan dapat terrealisasi pada pelaksanaan tahun 2010 nanti.

Tidak ada komentar: