27 Februari 2009

Tindak Lanjut Penutupan Galian C, Pemerintah bertemu dengan Eks Pekerja Galian C

Sebagai tindaklanjut atas penutupan galian C di kecamatan Kertek, mulai tanggal 24 sampai dengan tanggal 28 Pebruari 2009, dilakukan sosialisasi dan pertemuan dengan 719 masyarakat pekerja tambang di beberapa lokasi desa galian yakni Kapencar, Candiyasan, Candimulyo dan Pagerrejo.Pertemuan ini difasilitasi oleh tim pokja II bidang Lingkungan Hidup yang bertugas menangani pasca penutupan baik dari sisi kerusakan lahan maupun penanganan kegiatan eks pekerja tambang itu sendiri.

Dalam beberapa pertemuan telah disosialisasikan berbagai rencana program pemerintah seperti reklamasi lahan yang telah akut dan pemberian stimulan kegiatan ekonomi kerakyatan. Rencana reklamasi akan dilaksanakan dengan keterlibatan masyarakat penambang khususnya para investor yang selama ini bergerak di tambang galian C.

Sementara pemberian stimulant kegiatan ekonomi kerakyatan direncanakan mulai dari program peningkatan skill berupa pelatihan-pelatihan, bantuan permodalan dan alat usaha. Disamping itu juga diberikan penawaran pengiriman tenaga antar kerja antar daerah (AKAD) ke beberapa perusahaan kelapa sawit di Kalimantan Tengah yang telah bekerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo.

Hasil dari setiap pertemuan tersebut rata-rata para pekerja menyadari bahwa usaha yang mereka lakukan bertentangan dengan pengelolaan lingkungan. Namun mereka juga mengharapkan pemerintah mampu memfasilitasi pengalihan pekerjaan mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Mengingat kebutuhan akan pasir dan batu bagi masyarakat umum, pihak pemerintah juga menyadari akan hal itu. Karenanya Pemda saat ini sedang merumuskan Perbup sebagai tindak lanjut dari Perda 6 tahun 2007 tentang ketentuan ijin usaha pertambangan bahan galian C .

Nantinya diharapkan adanya satu kawasan yang diijinkan bagi usaha sejenis yang tidak bertentangan dengan UU no 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup. Dengan dasar ini, kebutuhan bahan galian C dapat tercukupi, masyarakat penggali juga masih memperoleh lahan pekerjaan dan pengelolaan lingkungan tetap terjaga.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

pemrintah ke nek nutup galian pasir mbok cepet2 luru solusi, saiki wae mulai akeh maling, soale akeh pengangguran

yanmaneee mengatakan...

goyard handbags
supreme clothing
golden goose sneakers
jordan shoes
supreme hoodie
nike max
nike air force 1
lebron 17 shoes
kyrie 5 shoes
kd 11

Unknown mengatakan...

click this link now louis vuitton replica visit this site bag replica high quality wikipedia reference Dolabuy Balenciaga

dilot mengatakan...

s0a56z5c95 g6z84p9q60 a9z01c8q78 q3k73o7a99 w3g05k4g07 h9f94b1r61

Unknown mengatakan...

l1v52v0d31 a5v96h0l79 h4y29v7p46 j9j47b0z12 g6c11t7h62 b2e77o6p99