16 Februari 2009

Penambangan Gal C di Kertek Resmi Ditutup.

Area galian C seluas 25,1 Ha di kecamatan Kertek pada khususnya dan umumnya di beberapa kecamatan mulai tanggal 17 Pebruari 2009 resmi ditutup. Penutupan ini dilakukan pihak Pemda Wonosobo yang ditandai dengan penancapan patok plang papan pengumuman pada hari senin tanggal 16 Pebruari 2009.
Sementara terkait dengan penutupan ini, paguyuban penambang pada hari yang sama melakukan audiensi dengan Camat Kertek, menanyakan tentang solusi pasca penutupan. Hasil pertemuan itu dirumuskan dan diusulkan ke tim pokja kabupaten yang menangani permambasalahan ini.
Inti dari penyampaian aspirasi penambang adalah bagaimana nasib pekerja yang ada sebanyak 719 orang yang menghidupi 1.021 anggota keluarga. Namun mereka berharap Pemda masih dapat memberikan solusi bagi adanya usaha penambangan yang secara legal diperbolehkan di sekitar area tersebut. Menurutnya dampak hasil penambangan selama ini selain membuka lapangan kerja dengan peningkatan kehidupan masyarakat penggali, juga mampu menekan angka kriminalitas di kawasan tersebut.
Di sisi lain mereka juga menyadari bahwa kegiatan mereka selain tidak berijin juga telah mengakibatkan kerusakan lingkungan. Karenanya mereka sepakat adanya penutupan ini namun minta solusi konkrit baik kejelasan prospek usaha penggalian berikutnya serta penanganan Pemda tentang eks pekerja tambang.