17 April 2011

72 SISWA IKUTI UN

KERTEK - Hari ini sebanyak 72 siswa SMA di wilayah Kecamatan Kertek mengikuti Ujian Nasional yang diselenggarakan secara serentak sampai dengan hari Rabu. Jumlah tersebut hanya berasal dari satu sekolah yaitu SMA Negeri 1 Kertek, sedangkan SMK Andalusia untuk tahun ini belum menyelenggarakan Ujian Nasional.
Penentuan kelulusan pada tahun 2011 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mengacu pada nilai pada Ujian Nasional. Pada tahun ini, penentuan kelulusan juga dengan memperhitungkan hasil nilai ujian semester dan UAS. Sehingga diharapkan angka kelulusan pada tahun ini dapat lebih meningkat secara signifikan.
Pada tahun 2010 lalu, angka kelulusan siswa SMA di Kecamatan Kertek hanya sebesar 87,97% persen dari 135 siswa atau terdapat 16 orang siswa yang harus mengikuti ujian ulang. Namun setelah mengikuti ujian ulang, keseluruhan siswa tersebut dapat lulus dengan hasil memuaskan. Kepala SMAN1 Kertek ketika dihubungi menyatakan bahwa pada tahun ini diharapkan angka kelulusan siswa dapat mencapai 100%."Kami sudah benar-benar mempersiapkan siswa untuk mengikuti UN ini, insyaallah lulus semua" tuturnya. Dengan hal ini diharapkan dapat mengkatrol angka kelulusan di wilayah Kecamatan Kertek pada tahun ini secara keseluruhan.
Persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional tahun ini pun tidak main-main, mulai dari penambahan jam belajar, pengayaan, sampai dengan doa bersama telah digelar pada tahun ini, sehingga diharapkan siswa tidak hanya siap dari segi materi pelajaran namun juga lebih siap segi mentalnya.
Ujian Nasional ( UN ) nampaknya masih menjadi opsi terbaik untuk menentukan kelulusan siswa. Namun reaksi berlebihan dalam menghadapi Ujian Nasional ini seyogyanya dihilangkan. Tak sedikit sekolah-sekolah dan guru yang over reacting dalam mempersiapkan anak didiknya dalam menghadapi UN, bahkan cenderung menakut-nakuti, sehingga bukan prestasi yang didapat tapi justru siswa menjadi stres dan tidak bisa mengerjakan soal.
Selamat berjuang adik-adikku.....doa kami selalu bersamamu.... ^_^V (f16)