11 April 2011

KERTEK NANDUR GANYONG

KERTEK- Virus menanam sepertinya sudah menjangkit di seluruh wilayah Wonosobo, terbukti selama beberapa waktu terakhir ini tak henti-hentinya Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah mengadakan even-even menanam di wilayah Kabupaten Wonosobo dengan tanaman-tanaman keras sebagai primadonanya.

Tak mau ketinggalan, bunga Canna atau ganyong yang sebelumnya dianggap sebagai gulma,sekarang mulai dilirik untuk “menghijaukan” kota Wonosobo. Tanaman dengan nama latin Canna edulis Kerr ini mulai ditanam di seluruh kawasan Wonosobo. Program yang dicanangkan oleh Wakil Bupati Wonosobo, Dra. Hj. Maya Rosida , MM ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kenangan masa silam kota Wonosobo yang identik dengan bunga canna atau ganyong, sekaligus untuk mendukung program Wonosobo sebagai kota bunga.

Kecamatan Kertek sebagai salah satu kecamatan yang wilayahnya dilalui oleh jalur protokol Purwokerto-Semarangpun tak mau ketinggalan, tak kurang dari seribu batang tanaman bunga canna sudah ditanam membentang dari Kledung hingga kelurahan Wringinanom untuk “menyambut” pengendara yang melintasi wilayah ini. Tak hanya itu, lahan untuk pembibitan bunga canna juga sudah disiapkan di areal BPP Kertomartani dan PT Selektani. Camat Kertek Agus Wibowo, S.Sos ketika dihubungi mengharapkan bahwa program ini tidak hanya sekedar menanam saja namun juga harus berkesinambungan.”Kami mengharapkan program ini bisa sesuai dengan program Bupati yaitu tanam, tebar, pelihara,” tuturnya.” Seluruh perangkat desa juga kami libatkan agar semuanya mempunyai rasa memiliki sehingga dapat ikut merawat, namun kami utamakan yang wilayahnya berada di pinggir jalan protokol,”imbuhnya.

Bravo ganyong, ora mung nang pinggir kali nanging bisa nggo tondo ben ora lali........

Tidak ada komentar: