07 Desember 2011

KERTEK SIAPKAN 7 JALUR EVAKUASI

WONOSOBO - Sehubungan dengan naiknya status Gunung Sindoro menjadi waspada, Kecamatan Kertek telah menyiapkan langkah-lagkah antisipasi. Salah satunya dengan menyiapkan 7 jalur evakuasi bagi warga 9 Desa yang wilayahnya termasuk dalam Kawasan Rawan Bencana II dan I. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi tanggap bencana yang dipimpin lagsung oleh Bupati Wonosobo, Kholiq Arif di Pendopo Bupati Wonosobo, pada hari Kamis (8/12).

Hadir dalam rapat, seluruh unsur Muspida, Tim SAR Kabupaten, ORARI, RAPI, SKPD terkait, dan unsur muspika dan kepala desa yang wilayahnya masuk dalam Kawasan Rawan Bencana Gunung Sindoro yaitu dari Kejajar, Garung, Mojotengah, Wonosobo, dan Kertek.

Dalam paparannya kepada Bupati, Camat Kertek, Prayitno, juga mengungkapkan 9 lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pengungsian warga apabila terjadi letusan gunung sindoro yaitu Gedung serba guna kelurahan Kertek; Komplek Puskesmas Kertek I; Pasar Binangun; Balai Latihan Kerja di Ngadikusuman; Gedung olahraga Bojasari; Gedung serbaguna Wringinanom; Gedung serbaguna Ngadikusuman; Gedung serbaguna Sindupaten; dan Gedung serbaguna Bojasari."Disamping lokasi pengungsian yang disebutkan tadi, kami juga sudah menyiapkan lokasi pengungsian bagi hewan ternak milik warga,"ungkap Prayitno.

Selain lokasi untuk evakuasi, Kecamatan Kertek juga telah menginventarisir sumber-sumber daya yang diperlukan dalam kegiatan tanggap bencana, "Kami telah mengkoordinasikan sebanyak 1.186 personel yang terdiri dari TNI-POLRI, Linmas Desa, dan Tim UPBD Kecamatan serta 52  tenaga medis dan 3 mobil ambulance yang siap digerakkan sewaktu-waktu apabila terjadi letusan."tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Wonosobo menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang," Jangan terpancing kabar dan isu-isu yang tidak jelas yang dapat meresahkan masyarakat."imbau Kholiq. Disamping itu, Ia juga meminta kepada awak media untuk memberikan informasi yang valid kepada masyarakat," para wartawan agar menyajikan informasi yang benar dan jangan sampai menimbulkan kepanikan di masyarakat, imbuhnya.

Sampai dengan berita ini dimuat, status Gunung Sindoro masih belum berubah dari yaitu "WASPADA" sesuai dengan surat edaran dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) pada hari Senin (6/12) lalu.


4 komentar:

محمد سهلان رشيدي mengatakan...

Berarti kecamatan Wonosobo kota juga masuk wilayah rawan bencana? Mohon informasinya melalui berbagai media selalu diupdate sehingga apabila terjadi kemungkinan terburuk tidak ada korban jiwa. Jalur evakuasi untuk berbagai wilayah rawan bencana dan sebagainya.

Kecamatan Kertek mengatakan...

محمد سهلان رشيد
untuk Kecamatan Wonosobo hanya mencakup wilayah 2 desa yaitu Bomerto dan Tlogojati, untuk jalur evakuasi dari desa mengambil jalur turun melalui jalur lingkar utara wonosobo menuju ke arah madukoro...terimakasih

yanmaneee mengatakan...

air max 270
nike air max 2017
hermes belt
lebron 17
hermes belt
ferragamo belt
yeezy
jordan shoes
westbrook shoes
jordan shoes

pheated mengatakan...

bag replica high quality q64 w3x19z5z34 louis vuitton replica f02 m5e62m0f89 gucci replica bags m46 n6k18l7i04