21 Desember 2011

SEMINAR REPRODUKSI SEHAT BAGI REMAJA


WONOSOBO-Sebanyak 150 orang  yang terdiri dari siswa, guru dan anggota Organisasi Wanita di Wonosobo mengikuti acara Sarasehan “Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi dan Seksual Adalah Bagian Hak Asasi Manusia”. Sarasehan ini diadakan oleh panitia Hari Ibu di Pendopo Kabupaten Wonosobo, pada Senin(19/12).

Sarasehan dengan tema “Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi dan Seksual Adalah Bagian Hak Asasi Manusia” juga dihadiri oleh Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida. Tujuan diadakannya acara ini adalah memberi bekal dan informasi kepada para remaja untuk mengantisipasi adanya kebebasan sex, HIV dan Narkoba. 

Adapun narasumber acara ini adalah Wiwid Majas Maestro dari Youth Centre PKBI Yogyakarta menyampaikan materi tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual Remaja. Wiwid mengungkap proporsi kasus AIDS di indonesia pada tahun 2011 berdasarkan jenis kelamin, yaitu laki-laki 72.00%, perempuan 2.00% dan 0,50% untuk yang tidak di ketahui. Sebanyak 14 orang telah terinveksi HIV/AIDS di daerah Wonosobo saja.  Di sampaikan juga fakta-fakta mengenai bahaya sex sehingga diharapkan para remaja dapat berfikir dua kali  apabila akan melakukan sex bebas. Cara penyampaian yang jenaka dan komunikatif  disambut hangat oleh para peserta.

Ketua panitia Nuraini Ariswari berharap, Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan segenap elemen masyarakat Wonosobo agar bersama-sama menyelesaikan persoalan remaja,”Remaja merupakan generasi penerus bangsa sehingga harus benar-benar kita arahkan supaya jangan sampai terjerumus pada pergaulan bebas dewasa ini,”tuturnya.

Sementara itu, menanggapi penyelenggaraan acara ini, Santi (16),salah satu pelajar asal SMA Muhammadiyah Wonosobo mengatakan, materi yang disampaikan narasumber sangat bermanfaat. “Jadi tahu gimana pengetahuan tentang reproduksi secara lebih spesifik, sehingga bisa terhindar dari seks bebas dan HIV/AIDS”, ujarnya.

Dalam acara ini juga di laksanakan penggalangan dana untuk korban bencana bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Desa Tieng, Kejajar. (anis)