09 Januari 2012

100 ORANG EKS PENAMBANG GALIAN C IKUTI SOSIALISASI PROGRAM AKAD

KERTEK - Sekitar 100 orang eks penambang galian C di Kecamatan Kertek pada hari Senin (9/10) mengikuti sosialisasi program Antar Kerja Antar Daerah ( AKAD ) yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wonosobo.

Acara yang digelar di Balai Desa Candimulyo, Kecamatan Kertek ini dihadiri oleh Kepala Disnakertrans Kabupaten Wonosobo, Kepala Kantor Satpol PP, tokoh masyarakat dan para eks penambang galian C. Dalam acara yang difasilitasi oleh Camat Kertek tersebut juga hadir 6 Kepala Desa  yang di daerahnya terdapat  areal pertambangan Galian C yaitu Purwojati, Pagerejo, Kapencar, Candiyasan, Tlogomulyo dan dari desa Candimulyo sendiri. 

Kecamatan Kertek dipilih sebagai lokasi sosialisasi dikarenakan di wilayah ini  terdapat sekitar 32 hektar areal penambangan Galian C yang secara resmi telah ditutup sejak bulan Februari 2009 namun belakangan ini aktivitas pertambangan kembali marak walaupun dilakukan secara kucing-kucingan dengan aparat.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Satpol PP Haryono,S.Sos, Bupati Wonosobo Kholiq Arif mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo sangat terbantu dengan adanya program ini," kami sangat mengapresiasi program ini ditengah-tengah upaya kami untuk menyediakan lapangan kerja alternatif dan ramah lingkungan bagi masyarakat Wonosobo khususnya bagi eks penambang galian C dan bagi daerah rawan bencana."

Program Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan pihak swasta yang pada tahun ini difokuskan pada pengiriman tenaga kerja di  perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah. "Kami bekerjasama dengan PT. Best Agrointernational yang berlokasi di Kotawaringin Timur untuk program tahun ini," tutur Kepala Disnakertrans. Gatot Hermawan. 

Terkait dengan banyaknya permasalahan yang menimpa para pekerja kelapa sawit, Gatot menyatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi sepenuhnya mulai dari pengurusan surat-surat, keberangkatan sampai ke lokasi perkebunan,"fasilitas yang didapatkan oleh para pekerja nantinya berupa perumahan, jatah logistik, pendidikan gratis bagi anak, serta gaji dan bonus yang disesuaikan dengan UMK setempat." 
"disamping itu kami juga akan memonitor langsung secara periodik untuk melihat secara langsung kehidupan para pekerja,"imbuhnya. 

Camat Kertek, Prayitno, menyambut baik program ini karena diharapkan mampu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,"kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan teraf hidup masyarakat kertek pada khususnya, disamping itu juga untuk menyediakan lapangan kerja aternatif bagi para penambang galian C.

Program AKAD tahun ini rencananya akan memberangkatkan sekitar 200 orang untuk berbagai lowongan seperti pemetik, mandor, dan tenaga kesehatan yang kesemuanya akan ditempatkan di lokasi perkebunan PT Best Agrointernational, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. "Sampai dengan saat ini jumlah pendaftar sudah mencapai 26 Kepala Keluarga sedangkan pendaftaran bagi para calon pekerja akan dibuka sampai dengan tanggal 20 Januari dan rencananya akan kami berangkatkan pada tanggal 22 Januari mendatang."pungkas Gatot.