07 Mei 2012

KERAJINAN WAYANG KULIT, MENCOBA BERTAHAN DI TENGAH GEMPURAN ZAMAN


KERTEK - Arus globalisasi dan digitalisasi yang semakin deras dewasa ini membuat nilai-nilai tradisi semakin terpinggirkan. Tak mengherankan apabila semakin banyak generasi muda yang lupa akan akar tradisinya sendiri.

Hal itu sepertinya tak berlaku bagi Untung Suprapto (62) dan keluarganya, Warga dusun Sambon, Desa Sumberdalem, Kecamatan Kertek ini telah bertahun-tahun menekuni profesi sebagai pembuat wayang kulit.”Saya mulai membuat wayang sejak tahun ’67,”ungkapnya.

Berasal dari keluarga seniman membuat Untung tetarik untuk mempelajari pembuatan wayang.”Awalnya saya hanya membantu orangtua memahat, namun lama kelamaan saya tertarik untuk mempelajari pembuatan wayang,”tutur Untung.

Hanya dibantu oleh buku berjudul “Pedoman Wayang Solo” terbitan tahun 1813-selebihnya dilakukan secara otodidak-, Untungpun mulai mencoba untuk membuat wayang. Untuk benar-benar menguasai teknik pembuatan wayang, Untung memerlukan waktu 12 tahun trial and error, sebab menurutnya tiap tokoh wayang memiliki kekhasan sendiri disamping harus menyesuaikan pakem masing-masing daerah seperti wayang Mataraman, Banyumasan, Kedu, dan Surakarta.

Dalam membuat wayang kulit diperlukan  ketelitian dan kesabaran yang ekstra karena dibutuhkan sedikitnya 10 kali proses dalam pembuatan 1 karakter wayang. Tak heran apabila dalam membuat 1 tokoh wayang saja dibutuhkan waktu 6-10 hari. Harga 1 tokoh wayangpun sangat bervariasi tergantung dari tingkat kesulitannya. Harga wayang kulit buatan Untung ini dibanderol antara 400 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Kini Untung tak sendiri, bersama dengan salah seorang anaknya, Djito Hermansyah (26), bapak 5 orang anak ini bahu membahu untuk membuat kerajinan wayang kulit. Pemesannya pun tak tanggung-tanggung, mulai dari orang awam, kolektor sampai dengan dalang kondang pernah memesan wayang kulit buatan Untung.

Tak hanya wayang, dirumah sekaligus bengkel seninya, berbagai kerajinan seperti patung, topeng, hiasan dinding,  lukisan serta berbagai perlengkapan penari bisa dibuat Untung. Kualitasnyapun tak kalah dengan hasil kerajinan dan pahatan dari daerah lain.

Pembuatan wayang kulit yang digeluti Untung dan keluarganya ini bukannya tak menemui kendala. Kendala permodalan dan juga semakin berkurangnya penggemar wayang kulit seringkali membuat usaha keluarga ini tersendat,”Jumlah pemesan kerajinan terutama wayang kulit, kami rasakan setiap tahun semakin berkurang,”ungkap pria asli Wonosobo ini.

Hal ini diperparah dengan tidak pernah dilakukannya promosi secara intensif, ”Promosi yang kami lakukan baru sebatas getok tular di kalangan perajin dan budayawan, bahkan kamipun belum pernah diikutkan dalam acara pameran maupun ekspo baik ditingkat lokal maupun luar daerah,”ungkap Untung.

“Kami berharap agar ada perhatian lebih bagi para perajin wayang kulit seperti kami agar nantinya budaya-budaya adiluhung seperti wayang kulit ini tidak hilang ditelan jaman,”pungkasnya.

Kegigihan Untung dan keluarganya yang tetap mempertahankan tradisi ditengah-tengah arus perubahan zaman yang semakin ganas ini patut diacungi jempol. Tak banyak yang bisa diperbuat memang, namun paling tidak nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi masyarakat kita dapat terus terjaga.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nuwun sewu Pak,kulo sadhe gegel wayang saking kuningan menawi sanggar panjenengan mbetahaken.meniko list harganipun 1.kidangan Rp60.000,- /100biji 2.kaputren Rp60.000,- /100biji 3.bambangan Rp70.000,- /100biji 4.kathongan Rp70.000,- /100biji 5.gatotkoco Rp80.000,- /100biji 6.werkudoro Rp90.000,- /100biji menawi jelasipun saget ningali wonten ing www.sijariunik.blogspot.com matur nuwun sanget utawi sms 085602050231
kerajinan
www.sijariunik.blogspot.com

baidi mengatakan...

Saya tau dengan untung ini seangkatanku di spm,kalau tdk salah mas untung ini masih sdr temanku parwoto diri pandansari,hebatlah jadi pengrrajin wayang kulit,semoga aja uusahanya terus lancar dan maju ,bravo pengrajin wayang !!!!!???