22 April 2012

PENGAWASAN USULAN APBDes DIPERKETAT


SAPURAN - Pemerintah Kecamatan Sapuran memberlakukan pengetatan pengawasan terhadap penyusunan APBDes. Hal itu dilakukan untuk menghasilkan produk usulan APBDes yang tepat sasaran dan sesuai dengan kepentingan masyarakat. Caranya, semua pemerintah desa diwajibkan memberikan paparan terkait usulan APBDes di hadapan tim verifikasi tingkat kecamatan. Paparan itu dilakukan di aula Kecamatan Sapuran, kemarin.

Camat Sapuran, Agus Fajar Wibowo mengatakan, dari hasil paparan itu masih terdapat beberapa usulan pembangunan desa yang kurang sesuai dengan ketentuan. Karena dalam paparan tersebut terdapat dialig, akhirnya kesalahan tersebut dapat segera dibahas untuk dibenahi sehingga ketika usulan itu masuk ke kabupaten sudah dalam keadaan baik. "Metode ini sengaja diterapkan agar kerja tim lebih efektif," katanya.

Dia menjelaskan, pengawasan APBDes terdiri dari tiga tahap yakni pra, sedang dan paska pencairan APBDes. Tahap itu baru tahap pra pengusulan APBdes untuk meminimalisasi terjadinya kesalahan usulan. Untuk sementara, dari 16 kelurahan/desa yang ada di Sapuran, baru enam desa yang melaksanakan paparan tersebut sesuai dengan kesiapan desa. "Paparan tersebut ternyata membantu pihak desa untuk memahami sistem pengusulan APBDes. Harapannya metode ini akan terus dikembangkan tiap tahun," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sapuran, Kuspriyanto mengatakan, dari paparan tersebut diketahui bahwa usulan pembangunan sarana fisik masih mendominasi. Usulan kedua yakni sektor pengembangan ekonomi, ketiga bidang kesehatan dan pemberdayaan sosial. 

Dia menyebutkan, sistem itu berimbas pada perbaikan kualiatas usulan dari pemerintah desa berdasarkan musyawarah bersama. Usulan APBDes itu paling lambat selesai pada awal Juni, untuk tahap pertama, dan awal Oktober untuk tahap kedua. Pada paparan tersebut melibatkan kepala desa, sekretaris desa dan bendahara. 

Metode ini, lanjut dia, terbilang baru. Pada tahun sebelumnya, tim verifikasi hanya memeriksa kelengkapan administrasi saja sehingga tingkat kualitas kontrolnya berkurang. Dengan metode sekarang tim lebih jelas melakukan seleksi karena pihak desa secara langsung menjelaskan usulan berikut landasan pemikirannya. "Dalam paparan itu terjadi dialog," ucapnya. (Rinto)

3 komentar:

baidi mengatakan...

Yah,datanya hatus diri update masa masih papai daya 2012,anggaranya juga udah berubah?????

baidi mengatakan...

Yah,datanya hatus diupdate masa masih pakai data 2012 anggaranya juga udah berubah ?????

nesesegoa mengatakan...

see here now replica gucci bags this page replica gucci handbags go to my blog dolabuy.ru