20 Mei 2012

WWW.SUMBERDALEM.COM PORTAL DUNIA MAYA DESA SUMBERDALEM


KERTEK - Pemanfaatan Teknologi informasi (IT) seakan-akan menjadi kebutuhan pokok dewasa ini. Mulai dari anak-anak usia sekolah dasar sampai dengan ibu-ibu rumah tanggapun telah mengenal teknologi ini. Media sosial seperti facebook dan twitterpun laris manis bak kacang goreng. Namun ironisnya pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat ini masih sebatas sebagai sarana hiburan, shopping, ataupun sebagai sarana curhat belaka. Padahal dibalik semua itu, teknologi informasi mempunyai manfaat yang sangat besar di bidang yang lain.

Desa Sumberdalem dengan jumlah pengguna internet yang terbilang besar, yaitu hampir setengah dari jumlah penduduknya,  telah mencoba untuk memanfaatkan IT dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Mulai dari yang sederhana seperti administrasi surat menyurat, kependudukan, database profil desa, kearsipan sampai dengan pemanfaatan internet sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Bahkan sejak awal tahun 2011 desa ini telah mempunyai website sendiri. ”Website ini berawal dari blog sumberdalem yang kami buat pada tahun 2010 sebagai media informasi bagi masyarakat,” tutur Sunar (38), admin website Desa Sumberdalem.

Situs Desa Sumberdalem ini dapat diakses melalui alamat www.sumberdalem.com dan berisikan informasi-informasi penting seputar desa sumberdalem.”Website ini memuat berbagai informasi seputar pemerintahan, pertanian, serta potensi-potensi yang terdapat di sumberdalem,”imbuh Sunar.

Pemerintah desa sumberdalem sendiri merasa sangat terbantu dengan pemanfaatan teknologi informasi ini,”Dengan penggunaan IT di bidang pemerintahan sedikit banyak dapat meringankan beban tugas pamong desa, baik di bidang administrasi maupun di bidang kemasyarakatan,”ungkap Rohmat, kepala desa sumberdalem.

“Dan kami bangga karena sepengetahuan kami baru desa sumberdalem yang mempunyai website,terutama di wilayah Kecamatan Kertek,”imbuhnya.

Memang tak bisa dipungkiri penggunaan teknologi informasi khususnya bagi instansi pemerintah masih sangat minim. Hal itu ditambah dengan jaringan internet yang belum menyentuh sampai ke pedesaan. “Sementara ini kami masih menggunakan modem pribadi untuk mengakses internet karena memang di sumberdalem ini belum terdapat jaringan internet,”aku Sunar.

Keberadaan website sumberdalem ini dinilai positif oleh masyarakat desa karena disamping sebagai sumber informasi, situs ini juga menyediakan ruang publik bagi warga yang mempunyai uneg-uneg, pertanyaan, kritik dan saran bagi pemerintah desa.”Kami sangat menyambut baik adanya website ini karena kami dapat mengakses segala informasi mengenai desa kami dengan cepat dan transparan,”tutur Rofik (26) salah seorang warga. 

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Weleh, desa udah pakai website privat, kecamatannya malah masih blogsepot, piye jal?

Anonim mengatakan...

demi kemajuan desa ini,alangkah baiknya,kalau desa ini di kasih/ada area hotspotnya,agar masyarat dpt memanfaatkanya
,,,,,,,!!!!

Unknown mengatakan...

Bravo !! Sumberdalem,puluhan tahun udah kutinggalkan kertek ,ada yang tau kalau batas desa kw utara sampai mana ? Kalau ds mlandi sambon masuk sumberdalem ??

Anonim mengatakan...

tp sekarang udah gk aktif lagi website nya.....

:'( hiks hiks...

Unknown mengatakan...

Tak sumbang domain kalau mau buat sumberdalem,datang saja ke campursari...

jlinux mengatakan...

Apakah masih aktif ? ijin pinjam fotonya ya ...

yanmaneee mengatakan...

balenciaga
kobe sneakers
golden goose
nike epic react
kobe basketball shoes
jordan shoes
jordan shoes
golden goose outlet
kobe 11
kd 12