10 Desember 2008

Nikmatnya Tempe Kemul


Bukan karena suhu daerah yang begitu dingin, hingga sebuah gorengan tempe harus dikemuli. ini hanya sebuah nama dari makanan khas daerah pegunungan yaitu Tempe Kemul.

Dinginnya udara yang rata-rata berkisar antara 22-28˚C pada siang hari dan antara 18-24˚C pada malam hari, terasa enak jika kita duduk nongkrong sambil makan gorengan yang panas. Kebiasaan ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Kertek dan Wonosobo pada umumnya dengan makan tempe kemul.

Ya makanan gorengan yang berbahan kedelai diproses menjadi tempe tipis-tipis ini dikemuli dengan adonan pati dan bumbu serta sayuran kocai, semakin nikmat saat dimakan selagi panas. Biasanya mereka makan dengan ceplusan cabe rawit. Inilah salah satu andalan makanan khas wilayah ini yang tiada duanya rasanya. makanan ini sering mendampingi semua jajanan makanan di setiap warung makan. Rasanya kenyal empuk dan gurih, bikin lidah bergoyang. Kalo sudah mencoba satu tempe biasanya bikin mau tambah dan tambah terus.

Anda Mau coba? tak perlu susah-susah karena hampir semua warung makan, warung emperan dan semua warung kecil menjajakan makanan ini. Bilang aja beli tempe kemul....dijamin OK. harganyapun terjangkau bagi semua kalangan. nah anda yang terutama berada di luar Kertek atau Wonosobo, mampir dan cicipi makanan ini.

2 komentar:

saysloo mengatakan...

my website buy replica bags Visit Website additional hints over here Learn More

Unknown mengatakan...

s5s96z9a26 p4y30d7c23 q5h28q1e90 f3m52f4w16 a2k39a3j75 e6i48w3x18