19 Oktober 2011

HARI CUCI TANGAN SEDUNIA

KERTEK-Sebagai bentuk dukungan pada kampanye Mencuci Tangan Menggunakan Sabun yang digaungan oleh PBB pada tahun 2008 lalu, pada hari ini Kecamatan Kertek menggelar kegiatan cuci tangan bersama dalam peringatan hari cuci tangan sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.
Kegiatan yang diprakarsai oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Kertek ini mengambil tempat di SD 1 Kertek, SD 2 Kertek dan TK Pertiwi Kertek dengan dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kecamatan Kertek Sri Sulistiyati.
Dalam acara yang diikuti oleh siswa dan guru ini diajarkan teknik mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun dan air bersih kepada para siswa. Ketua TP PKK Kecamatan Kertekpun tak canggung-canggung untuk langsung memberikan contoh cuci tangan yang benar kepada para siswa. Para siswapun terlihat sangat antusias saat mengikuti arahan mencuci tangan secara benar.
"Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menanamkan kebersihan sejak dini kepada generasi penerus, terutama kepada siswa-siswa sekolah,".tutur Sri Sulistiyati. "Disamping itu juga untuk mengurangi resiko penyakit akibat kurangnya kesadaran akan kebersihan,"imbuhnya.
Dalam acara tersebut, wanita yang sehari-hari bekerja di Puskesmas Wonosobo itu juga berpesan kepada para guru agar selalu mengingatkan para siswa agar membiasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air, selain itu juga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar."
Kampanye mencuci tangan dengan sabun, memiliki beragai tujuan. Selain tujuan yang telah disebutkan diatas, kampanye ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi disekolah. Menurut Unicef kurangnya akses untuk air bersih mengakibatkan penurunan tingkat kehadiran anak perempuan disekolah saat mereka memasuki masa puber, karena tidak adanya fasilitas sanitasi yang memadai. Akses air bersih dan sanitasi ditenggarai merupakan dasar penting untuk kehidupan anak-anak diseluruh dunia dilihat dari segi kesehatan, kelangsungan hidup, dan rasa penghargaan terhadap diri mereka. Penyediaan air bersih dan perilaku sanitasi yang baik disekolah juga menjadi salah satu cara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Millenium ( MDG's).