30 Oktober 2011

HARGA HEWAN KURBAN MERANGKAK NAIK

KERTEK-Peringatan hari raya Idul Adha 1432 H atau yang lebih terkenal dengan istilah hari raya kurban akan jatuh pada tanggal 6 November mendatang. Hal ini mendatangkan berkah tersendiri bagi para peternak hewan kurban seperti kambing, domba dan sapi. Betapa tidak, setiap menjelang hari raya kurban seperti ini, harga hewan kurban akan mengalami kenaikan yang signifikan seperti diugkapkan oleh Suroso (60), salah seorang penjual hewan kurban di Kecamatan Kertek."dibandingkan hari biasa, kenaikannya cukup tajam mas, untuk kambing kelas A mencapai 1.700.000,- pada hari biasa hanya 1.250.000,-,sedangkan untuk sapi bisa mencapai 7 juta-an,"ungkap pria asli kertek ini.
Kenaikan harga sampai sekitar 20% ini tidak lepas dari meningkatnya permintaan hewan menjelang hari raya kurban."untuk hari-hari biasa saya hanya bisa menjual rata-rata 3-5 ekor kambing,namun untuk saat ini saja sudah ada pesanan kambing 20 ekor dan sapi 4 ekor,"imbuh pria yang sudah 7 tahun menekuni bisnis ini."kadang saya sampai kekurangan stok mas " tambahnya pula.

TERUS MENINGKAT

Jumlah permintaan hewan kurban dari tahun ke tahun pun terus meningkat, hal ini disebabkan karena minat dan daya beli masyarakat yang ingin berkurban semakin tinggi,"untuk hari raya kurban tahun 2009 saya hanya bisa menjual sebanyak 50 ekor kambing dan 3 ekor sapi, tahun 2010 sekitar 70 kambing dan 5 sapi, kemungkinan tahun ini bisa lebih dari itu, apalagi panen tembakau tahun ini cukup sukses"tutur Suroso.

Menurut Suroso, usaha yang dilakoninya ini cukup membutuhkan ketelatenan karena biasanya pembeli tidak langsung membawa hewan yang dibeli, namun masih dititipkan hingga H-1 Idul Adha,"Selama masih dititipkan, sepenuhnya masih menjadi tanggungjawab saya, baru pada H-1 saya antar sampai kepada si pemesan" ungkap pria yang pada hari-hari biasa juga menjual kambing untuk keperluan aqiqah ini.



Tidak ada komentar: