28 Juni 2011

PEMBANGUNAN UNIT PENGOLAHAN PUPUK ORGANIK (UPPO)

KERTEK - Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo dalam waktu dekat akan mempunyai Unit Pengolahan Pupuk Organik ( UPPO ). Pembangunan unit tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Sumarjo Gatot Iriyanto,MS,DAA pada hari Senin(28/6) di Desa Purbosono, Kecamatan Kertek. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat di jajaran Kementerian Pertanian RI, jajaran Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian Kabupaten Wonosobo, dan perwakilan kelompok tani yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Dalam sambutan pengarahannya, Sumarjo berpesan agar produksi pertanian di Kabupaten Wonosobo terus ditingkatkan, “ iklim di Wonosobo sangat mendukung untuk kegiatan pertanian sehingga hasilnya harus baik daripada daerah lain”, tuturnya.

Dengan adanya UPPO ini diharapkan penggunaan pupuk kimia bisa dikurangi, karena disamping harganya mahal, juga dapat merusak kesuburan tanah,”dengan penggunaan pupuk organik ini biaya produksi bisa lebih irit dan struktur kesuburan tanah juga tetap terjaga, imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Wonosobo, Ir. Suharso mengungkapkan bahwa pada tahun 2011 ini pemerintah kabupaten telah mengucurkan bantuan berupa sarpras berupa traktor, pembangunan jaringan irigasi, program pengembangan hortikultura, dan program PUAP yang dananya berasal dari APBN, APBD Prov, APBD Kab, dan Dana Alokasi Khusus bidang pertanian.” Pada tanggal 28 Juni lalu telah tercapai realisasi sebesar 68,89 % dari target yang hanya sebesar 55%,” ungkapnya.

Dalam dialog dengan masyarakat dan kelompok tani, terungkap bahwa masih banyak sarana dan prasarana pertanian yang belum memadai dan diharapkan bisa ditingkatkan kembali.” Kami akan terus berusaha untuk meningkatkan sarana dan prasarana pertanian, namun kami juga berharap bantuan-bantuan yang telah dikucurkan bisa dijaga kelestariannya,”ungkap Sumarjo.”Jangan sampai menguap di tengah jalan,”pungkasnya.

Pada acara yang dimeriahkan dengan kesenian kentongan dari SD 1 Purbosono tersebut juga diserahkan secara simbolis 4 unit sepeda motor roda tiga untuk menunjang produksi pertanian di Kabupaten Wonosobo serta peresmian secara simbolis Unit Pengolahan Pupuk Organik yang telah dibangun sebelumnya yaitu di Desa Lancar Kecamatan Wadaslintang dan Kelurahan Wonoroto Kecamatan Watumalang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak/Mas salam kenal . Saya petani dari Blitar. Bagaimana tata cara untuk pengajuan UPPO ?