03 Juni 2011

PENGUKUHUAN UNIT PENANGGULANGAN BENCANA KECAMATAN KERTEK

KERTEK-Bertepatan dengan momentum pembukaan kegiatan TMMD Sengkuyung ke- tahun 2011 di lapangan desa Candiyasan, Kecamatan kertek(1/6), dikukuhkan pula Unit Penanggulangan Bencana Daerah (UPBD) Kecamatan Kertek oleh Wakil Bupati Wonosobo, Dra, Hj. Maya Rosida, MM.

Unit yang terbentuk atas prakarsa dari Camat Kertek Agus Wibowo, S.Sos ini merupakan yang pertama di Kabupaten Wonosobo. “Unit ini merupakan jawaban dari tuntutan masyarakat atas penanganan bencana di wilayah” ungkapnya ketika ditemui di sela-sela acara.

UPBD kecamatan Kertek ini beranggotakan sebanyak 490 personil yang terdiri dari unsur masyarakat, pecinta alam, dan perangkat desa mulai dari tingkat RT, RW, dusun dan desa yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Kertek dan berada langsung di bawah camat sebagai unsur komando di tingkat kecamatan.

Pengukuhan unit penanggulangan bencana ini ditandai dengan penyerahan berbagai peralatan penanganan bencana seperti Chainsaw, alat komunikasi, peralatan medis dan tenda pasukan oleh Wakil Bupati Wonosobo dan seluruh unsur Muspida Kabupaten Wonosobo. “ Diharapkan dengan dibentuknya Unit ini, penanganan bencana di Kecamatan Kertek dapat lebih maksimal dan terkoordinasi dengan lebih baik” tambahnya pula.

Dalam acara ini diperagakan pula simulasi penanganan bencana kebakaran yang dilakukan oleh anggota UPBD Kecamatan Kertek dengan melibatkan unsur TNI dan POLRI.

Wakil Bupati Dra. Hj Maya Rosida, MM dalam sambutannya menyatakan pihaknya menyambut baik pembentukan Unit Penanggulangan Bencana ini dan hendaknya dapat diikuti oleh wilayah lain di Kabupaten Wonosobo.

Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu wilayah yang rawan becana, dalam kurun waktu satu tahun terakhir saja tercatat sudah 5 kali terjadi bencana berupa Tanah longsor, Angin puting beliung dan Kebakaran sehingga pembentukan Unit Penanggulangan Bencana ini sangat mutlak diperlukan untuk penanganan yang lebih cepat dan tepat sasaran.

Tidak ada komentar: