19 Mei 2011

MOMOK TUBERCULOSIS

KERTEK - Tuberculosis (TBC) masih menjadi menjadi penyakit mematikan nomor dua setelah HIV/AIDS. hal itu diungkapkan oleh Kepala Puskesmas I Kertek dr. Tri Mulyani dalam acara sosialisasi Tuberculosis yang diadakan di Aula Kecamatan Kertek pada hari Rabu (19/5). Acara yang masih dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ini dihadiri oleh sekitar 100 orang yang terdiri dari kader PKK desa se-kecamatan kertek, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kabupaten serta tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo.
"Menurut survei WHO di Indonesia pada tahun 2009, terdapat 600.000 kasus TBC dan 91.000 diantaranya meninggal,"ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa kondisi lingkungan yang buruk dapat mempertinggi resik
o penyebaran penyakit ini. Penularan dapat melalui kontak langsung dengan penderita dan melalui dahak penderita."Namun untuk memastikannya harus melalui uji laboratorium terlebih dahulu,"tambahnya.
Penyakit TBC ini sebenarnya dapat disembuhkan namun harus telaten karena waktu pengobatannya yang rela
tif lama. oleh karena itu dibutuhkan adanya PMO ( Pengawas Minum Obat) bagi penderita TBC. Namun akan lebih baik lagi apabila diadakan tindakan pencegahan. " Hidup sehat dengan cara asupan gizi seimbang, istirahat cukup,menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merokok merupakan tindakan pencegahan yang sangat efektif," imbuhnya pula.
Ketua TP PKK Kecamatan Kertek, Ny Ita Agus Wibowo bahwa dengan diadakannya kegiatan ini maka para kader PKK desa dapat lebih aware dengan penyakit ini sehingga persebarannya dapat dicegah." Kader-kader PKK di desa diharapkan dapat memberikan informasi dan bimbingan kepada masyarakat mengenai penyakit TBC, mulai dari tingkat RT sehingga persebaran penyakit ini dapat dicegah," tuturnya.


4 komentar:

Unknown mengatakan...

Get More Infopop over here check over herepop over to this site have a peek at these guysblog link

themmeaut mengatakan...

the original source this page read the full info here Your Domain Name her explanation read review

Unknown mengatakan...

my latest blog post e9k10b0a71 high quality designer replica replica bags in london replica bags sydney hermes replica m5q51e1e30 replica bags in uk replica bags and shoes find more information v6s79l9f52 replica bags delhi

Unknown mengatakan...

m1x61t9g44 i8r32q7g01 d3c78p3b95 w6f15y9r51 j4d02k6w03 e4o26o5i99