25 Mei 2011

PROFIL DESA SEBAGAI BASIS DATA KABUPATEN

KERTEK-Dalam rangka penyusunan basis data Kabupaten Wonosobo, pada hari Rabu kemarin (25/5) di Kecamatan Kertek diselenggarakan Bintek Profil Desa. Acara yang terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan FNS ini dihadiri oleh sekitar 60 peserta dari seluruh desa yang berada di wilayah Kecamatan Kertek yang nantinya akan bertugas sebagai operator penyusunan profil desa di tingkat desa. Sedangkan biaya penyusunan profil desa ini dibebankan kepada Alokasi Dana Desa dari masing-masing desa.
Profil Desa ini seben
arnya merupakan produk lama yang merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 12 tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, namun di Kabupaten Wonosobo baru dilaksanakan pada tahun 2011. Keterlambatan ini disebabkan oleh belum siapnya hardware dan software yang diperlukan bagi program tersebut meskipun pada awalnya telah disiapkan sotware dari depdagri.
Di Kabupaten Wonosobo sendiri, program ini telah diintegrasikan dengan sistem informasi dan data yang sudah ada sehingga nantinya aplikasinya dapat lebih simpel dan data yang dihasilkan tidak tumpang tindih.
Camat Kertek, Agus Wibowo,S.Sos dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya bintek ini maka petugas di desa dapat mengolah data dengan baik,"setelah bintek ini semua petugas harus benar-benar menguasai aplikasi ini."
Dengan adanya program profil desa ini diharapkan nantinya akan terbentuk suatu data dasar yang valid dan dapat digunakan oleh instansi yang berkepentingan sehingga program-program pembangunan yang ada di Kabupaten Wonosobo dapat benar-benar tepat sasaran.

3 komentar:

singgih irwan mengatakan...

wah keren jika program ini benar2 terlaksana,semua informasi desa,kecamatan bisa di ketahui,jd lebih mudah untuk mencari informasi,smoga program ini terlaksana dengan baik.

Anonim mengatakan...

memang keren mas kl terlaksana, tapi ingat dulu kalau software dan hardwarenya saja belum siap, di desa-desa SDMnya juga masih jauh dari siap lho..., akhirnya data yang dimasukkan belum tentu valid nantinya,prihatin.....

Unknown mengatakan...

Tiap bulan up date bagus tu bwt berbagi informasi...